Rabu, 03 April 2013

Muffin Unyu Unyu

Today is my birthday 😋

Pas adzan Subuh tadi, pas lagi berjuang buka mata taunya keduluan anak-anak dan papahnya... Begitu melek, cilukba! Mereka datang bawa cake, nyala gitu lilinnya, untung cuma satu jadi umurnya ga ketauan..hehehe.. Co cwiit...

Sepanjang pagi tadi mereka manis sekali.. Setelah sholat dan sarapan dengan manisnya (biasanya mereka suka rada cranky kan, ngantuklah, ga suka menunya lah.. Cemacem deh pokonyah) akhirnya kepikir nih untuk bikin kejutan juga buat yang manis-manis itu...

Berhubung di dapur masih ada bahan-bahan muffin dan cupsnya juga masih banyak yang belum dipake, padahal belanjanya semangat banget, akhirnya ditentukanlah membuat ini.

Cupsnya lucu-lucu, jadi sayang kalo kuenya gak cantik. Cupsnya beli di Titan. Pilihannya banyak, mau yang gede atau kecil, mau yang murah atau mahal, impor maupun lokal. Kumplit!

Jadi hari ini pilih yang cup Stroberi, soalnya Kiki lagi suka banget sama Stroberi 😜😜

So this is it: Muffin Unyu-Unyu!

Resepnya masih dari buku : Resep Praktis Sisca Soewitomo, aslinya namanya Muffin Cantik, tapi menyesuaikan dengan si pembuat yang cantiknya standar, lebih pas kalo dibilang unyu-unyu deh ya (yang baca enek sendiri kan).

Bahan:
b150 gr margarin ( karena mau bikin 2 resep sekaligus tapi margarinnya cuma ada 1 pack yang 200gr, jadi tambahin butter yang ada di kulkas 100gr, ya gapapalah ya, lebih wangi kan..)

100 ml susu cair (masih ada susu UHT di kulkas, asyik!)
3 butir telur
150 gram gula pasir
250 gr terigu
25 gr coklat bubuk
1 sdt soda kue, 1 sdt baking powder

Krim hiasan
300 gram mentega putih
200 gram gula bubuk
200 cokelat oles
Pewarna kue
Confetti

Cara membuat:

1. Panaskan oven 200' C. Siapkan loyang muffin diameter 6 cm, beri kertas cup.

2. Cairkan margarin + susu cair, masak hingga lumer dan hangat tapi tidak mendidih. Angkat.

3. Kocok telur dan gula pasir dengan whisk hingga larut tapi jangan sampai berbuih banyak. Masukkan tepung terigu, coklat bubuk, baking powder, soda kue, aduk. Saya tambahkan juga choco chips supaya lebih seru.

4. Masukkan campuran susu dan margarin leleh, aduk rata. Adonannya kental tapi masih berupa cairan..

5. Tuangkan adonan dengan sendok sayur sampai hampir penuh. Panggang 30 menit. Angkat. Dinginkan.

6. Membuat butter cream.
Kocok mentega putih dan gula bubuk dengan mixer sampai lembut.
Tambahkan cokelat oles sampai rata, beri pewarna. Saya pilih warna ungu biar unyu..

7. Masukkan adonan krim ke kantung plastik dengan tube bintang, hias melingkar, taburi confetti.

Pas dimakan, Kiki bilang enak, tapi pas nulis blog ini baru inget! Yasalam baking powder dan soda kuenya kurang 1 sendok.. Tapi jadinya ya gak bantet juga. Next time harus konsen bakingnya. Ya maklumlah kan tadi ngerjainnya sambil sibuk bales-balesin many wishes di socmed 😜😜

Semoga berhasil ya teman-teman, liat aja penampakkannya masih belum alus. Gemeter tangannya pas muterin spuitnya.. Jangan takutlah, ini enak kok. Ga kemanisan juga..