Minggu, 03 Juli 2016

Sayur Godog Betawi

Resep dari Diahdidi.com

Sayur Godog Betawi

Bahan-bahan:
2 buah labu siam, kupas, iris tipis bentuk korek api, lemaskan dengan garam (saya cuma pakai 1 buah)
1 ikat (10 batang) kacang panjang, iris panjang 1 cm (saya pakai 2 wortel)
Udang kupas 100 gram 
1 papan petai , iris serong
2 batang sereh, geprek
2 ruas lengkuas, geprek
2 lembar daun salam
3 lembar daun jeruk
8 buah bawang merah, iris tipis (saya dihaluskan)
5 siung bawang putih,iris tipis (saya dihaluskan)
1,2  liter santan dari ½ butir kelapa
Garam / bumbu kaldu dan gula merah / pasir secukupnya
Minyak untuk menumis

Bumbu yang dihaluskan:
10 cabai merah (saya cuma pakai 5 buah cabe besar)
30  gram ebi, direndam air panas sampai lunak

Cara Memasak :
• Tumis bawang merah dan bawang putih iris sampai harum
• Masukkan bumbu halus, sereh, lengkuas, daun salam, dan daun jeruk, tumis sampai bumbu matang
• Masukkan labu siam dan kacang panjang, udang , tumis sampai sayuran layu
• Tuang santan, beri garam / bumbu kaldu dan gula secukupnya. Masak sampai mendidih.
• Angkat, hidangkan dengan ketupat atau lontong