Minggu, 21 April 2013

Pantura Cakes!

Minggu depan Mimi ultah. Pengennya sih bikin sesuatu yang baru. Kue ultahnya tahun lalu kan Rainbow Cake, beli sih, enak banget. Tahun ini, karena kemarin udah berhasil bikin muffin dan cupcake, ceritanya hari ini mau coba buat birthday cake.

Resepnya dari buku Primarasa, Femina. Resep Blue Velvet Cake.


Bahan:

Cake
Mentega/margarin untuk olesan
Kertas roti untuk dasar loyang
120 gr mentega tawar, suhu ruang
300 gr gula kastor
3 butir telur
180 ml buttermilk, campur dengan 2 sdt air jeruk lemon
1 sdt ekstrak vanilla
1 sdm pewarna makanan biru (pasta)

Bahan kering: ayak
275 tepung terigu serbaguna
1,25 sdt baking powder
0,25 sdt soda kue
1/8 sdt garam

Frosting
500 ml krim kental, dinginkan
375 gr keju krim
150 gr gula bubuk
375 gr mascarpone
1 sdt ekstrak vanilla

Taburan
Gula hias warna biru
Coklat putih serut

Cara membuat:
1. Panaskan oven suhu 180'c. Oles 3 buah loyang bundar berdiameter 22cm, tinggi 3cm dengan margarin, alasi dasarnya dengan kertas roti, olesi kertasnya dengan margarin.

2. Buat cake.
Kocok mentega dan gula menggunakan mixer berkecepatan sedang hingga pucat dan mengembang. Masukkan telur satu persatu, pastikan telur telah tercampur dengan baik sebelum memasukkan telur berikutnya.

4. Masukkan bahan kering dalam 3 step dan buttermilk dalam 2 step. Lakukan berselang-seling, dimulai dengan bahan kering, diakhiri dengan bahan kering. Aduk lipat dengan spatula. Masukkan vanilla, garam dan pewarna biru, aduk rata.

5. Bagi rata adonan menjadi 3 loyang. Panggang selama 20 menit. Keluarkan kue dari loyang, dinginkan di atas rak kawat.

6. Finishing
Ratakan permukaan kue dengan pisau bergerigi. Ratakan 6 sdm frosting ke atas kue, tumpukkan kue berikutnya. Ulangi. Tutup seluruh permukaan kue dengan sisa frosting, ratakan.
Taburi sisinya dengan gula berwarna. Parut coklat putih taburi di permukaan atasnya. Dinginkan agar frosting lebih kokoh.

Yang saya lakukan:
Kata bukunya, buttermilk itu bisa diganti dengan memasukkan 1sdm air lemon ke 250ml susu cair. Diamkan 5 menit sampai menggumpal. Disini, saya masukkan 1 sdm Ir lemon ke 180 ml susu. Tidak menggumpal sih, tapi masukkan sajalah 😛

Pewarna birunya bentuknya cair, bukan pasta. Saya takut terlalu biru, cuma berani masukkan 1 sdt, bukan 1 sdm. Jadinya kuenya malah berwarna hijau seperti kue pandan ☺☺

Keju mascarpone gak ketemu. Pake buttercream aja. Mentega putih 175 gr + susu kental manis 150 gr + air lemon 2 sdm. Masih ada sisa buttercream warna pink di kulkas untuk hiasan dan spikels warna warni.

Jadilah kayak gini. Warnanya cakenya hijau karena menteganya kuning, dikasi pewarna biru. Krimnya putih kombinasi pink. Ga nyambung beut, kaya dandanan ertong dangdut pantura!

Lapisan krim di antara cakesnya kurang tebel. Tapi cakesnya nggak jelek juga. Rasanya enak kata anak-anak. Not badlah buat percobaan pertama. Next time semoga bisa lebih keren lagi...
😄😄😄