Rabu, 09 April 2014

Memasak dengan Olive Oil - Resep Ayam Rica

https://www.facebook.com/TiaKurnianto/posts/10202787630585554


Suatu siang, Kiki cerita, "Mah, di sekolah mau ada lomba masak loh"
"Oh ya? Seru dong.. Ade mau ikut? Kan Ade suka bantuin mama di dapur.."

Mukanya Kiki ragu-ragu, tapi dia memang suka masak sih, jadi dia bilang yuk kita daftar. Beberapa teman yang tau Kiki suka masak pun mendorongnya agar ikutan lomba.

Setelah technical meeting, kita baru tau ternyata lomba masak ini istimewa. Karena harus menggunakan olive oil, atau minyak zaitun. Widih, ini sehat dan pasti kita bisa belajar hal baru nih!

Hmm... Kita pernah masak pake olive oil sih, tapi nggak sering, takut kepanasan katanya malah rusak. Jadi sebatas untuk salad, olesan roti dengan garlic, atau untuk tumis, itu juga nggak sering.

Saat hari H, itu hari rempes banget. Paginya Kiki UTS, lalu dia perform tari Saman untuk opening, dan kemudian masak. Whew.. Mana mataharinya lagi obral!

Demo masak chef Bara singkat, tapi seketika membuat saya nganga. Yang bener Olive Oil bisa buat goreng? Ternyata bisa banget!

Demonya 2 menu: udang honey mustard dan cah sapi tumis brokoli dan jamur shiitake. Itu masakan fave banget, dan gak kepikir bisa dibuat dengan olive oil. Kirain cuma buat pasta dan salad aja loh..

And the story goes on, keliatan sedikit suasananya di video https://www.facebook.com/TiaKurnianto/posts/10202787630585554 , ini waktu lomba di sekolah. Kemudian pemenang dipilih melalui jumlah likes yang diperoleh di facebook page Revolusi Olive Oil. 

Singkatnya, melalui bantuan keluarga, eyang, ipar, sepupu, teman-teman di segala penjuru, akhirnya loloslah kami ke babak semifinal, dan harus bersaing bersama 11 kontestan lainnya di La Piazza.

Menunya Ayam Rica. Hidih, menu cabe-cabean gini mana doyan suami dan Mimi? Ya terpaksa harus bisa deh, walopun udah pernah masak tapi harus istimewa. Sempet nanya sama beberapa teman Manado asli, gimana sih keluarga mereka kalo masak Ayam Rica?

Alhamdulillah, Yannis temanku yang suka terbang alias foto levitasi langsung manggil tantenya, Tante Lena namanya, untuk ngobrol langsung via telpon. Satu lagi, Allen, pilot yang super sibuk menyempatkan diri untuk ngajarin jarak jauh, beberapa saat sebelum terbang! Ini salah satu berkah yang orang nggak banyak tau ya, ternyata saya bersyukur dititipi Allah kawan-kawan yang baik dan geraknya cepat!

Harus latihan dulu dong biar gak fail besoknya. Oke, belanja kilat ke pasar tradisional, karena bahan segar cuma ada disitu. Malam-malam berdua Kiki asik mainan di dapur. Okelah, ayamnya harus dipotong kecil agar cepat matang dan hemat waktu memasak. Tomat ga usah banyak-banyak, yang penting cabe dan bawang harus royal hehehe (begitu juga tips Tante Lena dan Allen)

Paginya, siap-siap ke La Piazza karena tengah hari acara sudah dimulai. Dan lombanya, gitu deh. Disuruh ngulek masaaaaa... Baiklah, sabaaaar dan semangaaaat! Memang skill ngulek sekarang mulai jarang dikuasai anak muda, ya mending pake blender kan. Singkatnya, setelah lomba di outdoor yang penuh keringat dan airmata (iye kan ngulek cabe ama bawang) loloslah kita ke babak final yayy!

So, sambil mikir di grand final kita mau masak apa, inilah resep Ayam Rica yang disempurnakan dari Chef Bara. Semoga suka ya. 

Ini sudah dipraktekkan lagi untuk memasak Ayam Rica, buat guru-guru Kiki yang harus ikut mencoba masakan kami 😊😊

Bahan:
20 potong ayam (2 ekor), potong kecil, 
baluri dengan perasan jeruk nipis dan garam

Haluskan: 
Cabe merah besar 2 pack (sekitar 20 buah)
Bawang merah 20 siung
Bawang putih 8 siung
Kunyit seruas jari
Jahe seruas jari
Terasi bila suka

Iris: 
Daun jeruk 15 lembar
Sereh 4 batang, putihnya saja, memarkan
Lengkuas, seruas jari, memarkan
Tomat, 2 buah, cincang kecil
Honje, cacah kecil-kecil
Kemangi, siangi daunnya
Jeruk limo, peras

Extra Light Olive Oil untuk menumis bumbu
Extra Virgin Olive Oil untuk dituang setelah masakan matang.

Cara membuat:
Ayam dicuci bersih, lumuri dengan air jeruk nipis dan garam. Diamkan 15menit, lalu goreng sebentar, sisihkan.

Bumbu halus ditumis dengan Extra Light Olive Oil sampai harum, masukkan juga bumbu iris, masukkan ayam lalu tambahkan air sedikit, kecilkan api hingga meresap. Taburi kemangi sesaat sebelum diangkat, boleh juga beri air jeruk limo supaya wanginya tambah seru.
Beri kucuran minyak ajaib EVOO sebelum disantap. Bismillah, semoga sehat dan bahagia saat menikmati ayam rica ala Chef Bara ini. 

Kami masih berjuang untuk babak final, mohon doa dan dukungannya ya. 
Bergabunglah di fb page : Revolusi Olive Oil dan simak semua informasi berguna di sana. 
Selamat memasak makanan sehat untuk keluarga 😊🙏