Kamis, 04 Agustus 2016

Nasi Ayam Hainan yang Gak Pucet ☺️

Resep asli ala fatmah Bahalwan tapi dimodif supaya anak anak gampang makannya... 

Bahan: 
(saya bikin setengah resep karena takut gagal)
600 gr Beras pulen 
2 sdm Margarine (saya pakai butter)
2 siung bawang putih, cincang (saya bawangnya tetep segini)
600 ml air kaldu
3 btg daun bawang, ambil bagian batangnya aja, potong panjang (3 cm) (saya pakai 1 aja)
1 bh bawang bombay besar, iris tipis. (gak punya bombay, diganti 4 siung BM iris)
2 cm jahe, memarkan
1 ekor ayam
1500 cc air
1,5 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk
200 gr lobak putih, belah dua memanjang, iris tipis melintang (gak punya lobak, skip aja)
1 bh kaldu blok, bila suka
1 kaleng Jamur kancing, iris tipis (saya pakai enoki take)

Cara membuat :
– didihkan 1500cc air, lalu masukkan ayam. rebus hingga ayam empuk, ambil kaldu yg diperlukan untuk memasak nasi (600 cc). teruskan memasak dengan memasukkan bawang putih cincang, daun bawang, merica, jahe, garam dan kaldu blok (optional). didihkan sekali lagi, masukkan lobak.

– angkat ayam, sisihkan.
(Saya suwir suwir supaya gampang makannya. Lalu ditumis sebentar dengan kecap asin, sisihkan dengan jamur yang diblanch di kuah ayam)

– Dalam panci, lelehkan margarin, tumis bawang bombay, bawang putih cincang, jahe, hingga harum, masukkan jamur, garam dan kaldo blok, aduk rata, lalu masukkan beras, aduk lagi hingga rata.
(Jamurnya gak saya masukkan disini)

– tuang air kaldu, biarkan mendidih, masak hingga menjadi aron. trus kukus dalam dandang selama 20 menit.

– buat sausnya : dalam mangkok, tuang 2 sdm kecap manis, 1 sdm kecap asin, 1 sdm minyak wijen, daun bawang iris, trus tuang kaldu ayam panas, aduk.

Acar:
Ketimun Jepang dan wortel, iris korek api
Cuka beras
Gula 
Garam
Aduk rata, dinginkan

Cara Penyajian:
Nasi ayam, sendiri
ayam rebus, sendiri
Saus (kuah) dalam mangkok
Acar
Sambal bangkok, bisa juga sambal biasa dikasih lemon sedikit

πŸšπŸ”πŸšπŸ”